Translate

Donderdag 22 Mei 2014

Pertanyaan kecerdasan buatan




1.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecerdasan buatan dan penerapannya pada aplikasi komersial !
 Jawab :
     Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukan oleh suau entitas buatan. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti apa yang dilakukan manusia.
Penerapan AI :Bidang Komputer dan Sains Para Peneliti kecerdasan buatan telah membuat banyak alat untuk memecahkan beberapa masalah yang dapat dikategorikan paling rumit pada bidang komputer dan sains.Kebanyakan dari penemuan mereka telah diambil alih oleh cabang ilmu komputer dansains dan tidak lagi menjadi bagian dari bidang ilmu kecerdasan buatan. Namun, bidangilmu kecerdasan buatan tetap saja sulit untuk dilepaskan dari bidang ilmu ini,dikarenakan banyak bagian dari kecerdasan buatan yang digunakan dalam bidang komputer dan sains ini. Salah satu contohnya adalah konsep jaringan syaraf tiruan yang digunakan untuk mengkalkulasi probabilitas kondisi-kondisi yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinatmouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi objek.Finansial Pada bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham sehingga dapatdigunakan untuk menentukan investasi secara detail. Menggunakan jaringan syaraf tiruanyang dapat mendeteksi adanya perubahan-perubahan harga saham pada masa yang akandatang, membuat sistem kecerdasan buatan ni sangat layak digunakan dalam bidangFinansial.

Kesehatan 
Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan, slah satunya adalahalgoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa genetikadiuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma ini juga dapatdigunakan untuk pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas seseorang. Konsep sistem pakar yang juga merupakansalah satu cabang ilmu dari kecerdasan buatan juga digunakan untuk mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien sehingga memudahkan kerja dokter.
Industri
Pada bidang Industri penggunaan mesin sudah merupakan hal yang umum.
Mesin biasanya digunakan dalam industri untuk pekerjaan yang membahayakan manusia danyang sulit untuk dilakukan manusia. sebagai contoh memindahkan barang yangmempunyai berat ber ton-ton, pemotongan besi dan baja. bahkan dalam industrimanufaktur, pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dan konsistensi sudahdiambil alih oleh mesin. Hal ini dikarenakan manusia mempunyai konsentrasi yang tidak tetap dan stamina yang cepat habis. Kondisi seperti ini yang berbahaya, baik bagi pekerjatersebut, pabrikan, dan konsumen tentunya. Oleh karena itu, sistem kecerdasan buatantelah diimplementasikan secara nyata pada bidang industri ini.Satu lagi impementasi dari sistem kecerdasan buatan pada bidang industri, yakni QualityControl yang dilakukan menggunakan sistem image processing.

Transportasi
Pada bidang transportasi kecerdasan buatan sudah diimplementasikan pada banyak halseperti sistem kontrol perpindahan gigi otomatis pada gearbox mobil bertransmisiotomatis yang menggunakan Fuzzy Logic sebagai salah satu cabag ilmu kecerdasan buatan. Penentuan rute tercepat juga dapat dilakukan oleh decision support system yang juga merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang menggunakan GPSsebagai alat bantu navigasinya. Baru-baru ini juga telah dikembangkan sistem kecerdasan buatan yang dapat mengemudi secara otomatis serta melakukan parkir serial tanpa bantuan manusia sama sekali.

Telekomunikasi
Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak digunakan antaralain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka, mengatur penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji sesuai dengan kualitas kerjamereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan kecerdasan buatan yang telahdiimplementasikan ke dalam sistemnya.

Pengembangan Game
Perkembangan Game yang pesat pada masa ini juga membutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya. Sebuah sistem game, jika sudah dimainkan sampai tuntas olehseorang player, maka ketika player yang sama memulai lagi permainan dari awal, makarule permainannya akan sama. namun berbeda untuk game-game yang telah ada saat ini.sistem dalam game, dapat belajar mengenali pola permainan dari player dan ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang berbeda untuk pemain yang sama ini. sehingga game menjadi lebih menarik danmenantang untuk dimainka
 
Pengembangan Mainan
     Peralatan permainan seperti AIBO dan ASIMO, robot anjing cerdas dan robot yangmenyerupai manusia yang dapat berinteraksi dengan manusia menjadi salah satu favoritalat bermain yang telah menggunakan kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO danASIMO ini dapat berinteraksi dengan manusia melalui suara, fitur speech recognition didalamnya, robot ini dapat mengerti apa yang diucapkan manusia dan menanggapinya.

Musik 
Evolusi di bidang musik hampir selalu terkena dampak dari tekbologi yang ada padazamannya. Sebagai contoh, era musik digital yang memungkinkan sebuah suara dapatdirekan dan diputar ulang. dengan mengimplementasikan kecerdasan buatan, proses penciptaan komposisi lagu, pemrosesan suara, dan teori-teori tentang musik dapatdilakukan. Pengolahan suara adalah fokus dari pengembangan kecerdasan buatan di bidang music ini.

Militer
 Pada bidang militer, teknologi kecerdasan buatan dapat diimplementasikan pada sistemyang mensimulasikan kondisi-kondisi perang yang mungkin akan terjadi di lapangan,mengatur strategi serta mengkalkulasi kemungkinan beberapa strategi terhadap kondisimedan perang secara simultan dan menampilkan hasilnya.

Penerbangan
Simulasi penerbangan pada pelatihan calon pilot sebelum benar-benar terbang dilakukanmenggunakan perangkat yang telah mengimplementasikan kecerdasan buatan didalamnya. perangkat ini dapat memberikan beragam simulasi kondisi penerbangandengan puluhan variabel yang kompleks. Pelatihan calon pilot menerbangakan pesawatmenggunakan simulator ini sangat efisien, selain mengurangi biaya untuk penerbanganyang sebenarnya, resiko kecelakaan para calon pilot juga dapat diminimalisir.

Otomotif
Proses perancangan dan desain chassis serta body otomotif pada saat ini sudah semakincanggih. Computational Fluid Dynamics atau sering disebut dengan CFD saja, telahdigunakan dalam proses perancangan dan pengujian. CFD menghitung variabel-variabelyang digunakan dalam perancangan mobil. Salah satunya adalah komputasi aliran arusudara yang melalui mobil dengan ribuan jalur udara yang mengelilingi seluruh bodymobil.

2.Jelaskan perbedaan kecerdasan alami dan kecerdasan buatan !Jawab :

•  Kelebihan kecerdasan buatan :
a.       Lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah selama sistem komputer & programtidak mengubahnya.

b.      Lebih mudah diduplikasi & disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari 1orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama & keahlian tidak akan pernah dapat diduplikasi dengan lengkap.Jadi jika pengetahuan terletak padasuatu sistem komputer, Pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut& dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.

c.       Lebih murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah & murahdibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaandalam jangka waktu yang sangat lama.

d.      Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dariteknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.

e.       Dapat didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasidengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut.Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.

f.       Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia

• Kelebihan kecerdasan alami :
a.  Kreatif : manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan,sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harusdilakukan melalui sistem yang dibangun.
b.  Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman atau pembelajaran secaralangsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus mendapat masukan berupainput-input simbolik.
c.Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatansangat terbatas.


 
d.  Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dariteknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
e.   Dapat didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasidengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut.Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.f.Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia








•   Kelebihan kecerdasan alami :

a.       Kreatif : manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan,sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harusdilakukan melalui sistem yang dibangun.
b.      Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman atau pembelajaran secaralangsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus mendapat masukan berupainput-input simbolik.c.Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatansangat terbatas.

4.     Jelaskan langkah-langkah dalam merumuskan atau mendefinisikan masalah dalamkonsep sistem cerdas !

Jawab :
Langkah-langkah untuk mendeskripsikan masalah dengan baik adalah :
a.Mendefinisikan suatu ruang keadaan (state space),
b.Menetapkan satu atau lebih keadaan awal (initial state),
c.Menetapkan satu atau lebih tujuan (goal state),
d.Menetapkan kumpulan aturan.

5.Berilah contoh sebuah permasalahan lalu selesaikan permasalahan tersebut denganmenentukan keadaan awal dan goal masalah tersebut !
Kemudian sebutkan operator-operator yang dapat digunakan, gambarkan ruang keadaan(state space) hingga level 3 untuk permasalahan tersebut !
Jawab :

Permasalahan :
Ada 2 ember masing-masing berkapasitas 4 galon (ember A) dan 3 galon (ember B). ada pompa air yang akan digunakan untuk mengisi air pada ember tersebut. Bagaimana dapatmengisi tepat 2 galon air ke dalam ember berkapasitas 4 galon?
Penyelesaian :
 a.Identifikasi ruang keadaan (state space)
Permasalahan ini dapat digambarkan sebagai himpunan pasangan bilangan bulat :
x = jumlah air yang diisikan ke ember 4 galon (ember A)
y = jumlah air yang diisikan ke ember 3 galon (ember B)

Ruang keadaan = (x,y) sedemikian hingga x є {0,1,2,3,4} dan y є {0,1,2,3}
 b.Keadaan awal dan tujua
Keadaan awal : kedua ember kosong = (0,0)
Tujuan : ember 4 galon berisi 2 galon air = (2,n) dengan sembarang n

  e. Representasi ruang keadaan dengan pohon pelacakanPercarian suatu solusi dapat dilukiskan dengan menggunakan pohon. Tiap-tiap nodemenunjukkan satu keadaan. Jalur dari parent ke child, menunjukkan 1 operasi. Tiapnode memiliki node child yang menunjukkan keadaan yang dapat dicapai oleh parent.
6.Jelaskan apa yang dimaksud dengan knowledge base dan inference engine !
Jawab :
a.       Basis pengetahuan (knowledge base): berisi fakta-fakta, teori, pemikiran & hubunganantara satu dengan lainnya.Ada 2 bentuk pendekatan basis pengetahuan :
•  Penalaran berbasis aturan (rule-based reasoning) Pada penalaran berbasisaturan, pengetahuan direpresentasikan dengan menggunakan aturan berbentuk IF-THEN. Bentuk ini digunakan apabila kita memiliki sejumlah pengetahuan pakar pada suatu permasalahan tertentu, dan si pakar dapat menyelesaikanmasalah tersebut secara berurutan. Disamping itu, bentuk ini juga digunakanapabila dibutuhkan penjelasan tentang jejak (langkah-langkah) pencapaiansolusi.Contoh : aturan identifikasi hewanRule 1 : IF hewan berambut dan menyusui THEN hewan mamaliaRule 2 : IF hewan mempunyai sayap dan bertelur THEN hewan jenis burungRule 3 : IF hewan mamalia dan memakan daging THEN hewan karnivoraDst..

•  Penalaran berbasis kasus (case-based reasoning) Pada penalaran berbasis kasus, basis pengetahuan akan berisi solusi-solusi yang telah dicapai sebelumnya,kemudian akan diturunkan suatu solusi untuk keadaan yang terjadi sekarang(fakta yang ada). Bentuk ini digunakan apabila user menginginkan untuk tahulebih banyak lagi pada kasus-kasus yang hampir sama (mirip). Selain itu bentuk ini juga digunakan bila kita telah memiliki sejumlah situasi atau kasustertentu dalam basis pengetahuan.

b.      Motor inferensi (inference engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.Ada 2 cara yang dapat dikerjakan dalam melakukan inferensi
•   Forward Chaining Pencocokan fakta atau pernyataan dimulai dari bagiansebelah kiri dulu (IF dulu). Dengan kata lain penalaran dimulai dari faktaterlebih dahulu untuk menguji kebenaran hipotesis.
•   Backward Chaining Pencocokan fakta atau pernyataan dimulai dari bagiansebelah kanan (THEN dulu). Dengan kata lain penalaran dimulai dari hipotesisterlebih dahulu, dan untuk menguji kebenaran hipotesis tersebut harus dicarifakta-fakta yang ada dalam basis pengetahuan.Contoh :
•   Backward Chaining Pencocokan fakta atau pernyataan dimulai dari bagiansebelah kanan (THEN dulu). Dengan kata lain penalaran dimulai dari hipotesisterlebih dahulu, dan untuk menguji kebenaran hipotesis tersebut harus dicarifakta-fakta yang ada dalam basis pengetahuan.
Contoh :

R1 : IF suku bunga turun THEN harga obligasi naik
R2 : IF suku bunga naik THEN harga obligasi turun
R3 : IF suku bunga tidak berubah THEN harga obligasi tidak berubah
R4 : IF dolar naik THEN suku bunga turun
R5 : IF dolar turun THEN suku bunga naik
R6 : IF harga obligasi turun THEN beli obligasi

Apabila diketahui bahwa dolar turun, maka untuk memutuskan apakah akanmembeli obligasi atau tidak dapat ditunjukkan sebagai berikut :

Forward Chaining
Dari fakta dolar turun, berdasarkan Rule 5, diperoleh konklusi suku bunganaik. Dari Rule 2 suku bunga naik menyebabkan harga obligasi turun. DenganRule

6, jika harga obligasi turun, maka kesimpulan yang diambiladalah membeli obligasi.

Backward Chaining
Dari solusi yaitu membeli obligasi, dengan menggunakan Rule 6 diperolehanteseden harga obligasi turun. Dari Rule 2 dibuktikan harga obligasi turun bernilai benar jika suku bunga naik bernilai benar . Dari Rule 5 suku bunganaik bernilai memang bernilai benar karena diketahui fakta dolar turun.

7.  Kriteria apa saja yang perlu untuk mengukur performansi dari suatu metode pencarian !
Jawab :
Untuk mengukur performansi dari suatu metode pencarian, terdapat empat (4) criteriayang dapat digunakan, yaitu :

a. Completeness : Apakah metode tersebut menjamin penemuan solusi jikasolusinya memang ada
b. Time Complexity : Berapa lama waktu yang diperlukan ?
c. Space Complexity : Berapa banyak memori yang dibutuhkan ?
d. Optimality : apakah metode tersebut menjamin menemukan solusi yang terbaik  jika terdapat beberapa solusi berbeda ?

1.    Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu organisasi?
Dikarenakan semua organisasi membutuhkan informasi, alesannya karena setiap keputusan diambil berdasarkan informasi yang terkumpul, informasi membawa pesan,


2.    Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen?
Manajemen ada dimana-mana diberbagai tingkatan dan fungsi bisnis SIM harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen tersebut sesuai dengan tingkatannya.


3.   Apakah yang dimaksud dengan sistem?
Sistem adalah kumpulan atau grup dari subsistem atau bagian atau komponen apapun baik phisik atau pun non phisik yang saling berubungan satu sama lain dan bekerja sama secara haronis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


4.      Coba anda jelaskan dan beri alasan apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan?
Tidak akan berjalan sesuai dengan target karena sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna jika semua subsistemnya berfungsi, bila salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan.


5.      Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?
Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.


6.      Sebutkan ciri/kriteria informasi berkualitas?
Kriteria informasi berkualitas, yaitu :
*      Relevan
*      Tepat waktu
*      Akurat
*      Lengkap


7.      Coba jelaskan apa itu sistem informasi akuntansi?
Sistem Informasi Akuntansi pada dasarnya merupakan integrasi dari berbagai system pengolahan transaksi. Sistem Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.


8.      Coba jelaskan mengapa dikatakan sitem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar dari sistem informasi manajemen?
Sistem Informasi Akuntansi dikatakan sebagai bagian terbesar dari Sistem Informasi Manajemen karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.


9.    Coba jelaskan apa yang termasuk peralatan input?
1.Keyboard digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk teks (ASCII) ke komputer, 2. Mouse digunakan sebagai pointer (mempercepat perpindahan lokasi kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard, 3. Scanner digunakan untuk memasukkandata dalam bentuk image (gambar), 4.kamera digital digunakan untuk menyinpan data gambar, 5. Kamera video digunakan untuk menyimpan data gambar yang dapat bergerak juga juga bersuara


10.  Coba jelaskan bagaimana pengaruh memori dan hardisk terhadap kinerja komputer?
Semakin besar memori suatu komputer maka akn semakin cepat komputer itu dalam membaca data, sebaliknya bila memori yang kecil akan membuat komputer lambat, semakin cepat putaran hardisk (RPM) maka akan semakin cepat komputer itu menyalin dan menulis data. Semakin besar ruang yang tersisa di hardisk maka akan semakin cepat dan lancar hardisk itu memindahkan data ke file.



11.    Sebutkan tiga jenis software yang termasuksistem software?
Sistem Operasi(OS), Interprenter, Kompiler.


12.      Bila ingin membangun software untuk sistem informasi manajemen, software apa saja yang diperlukan dan apa fungsinya?
a.      Quicken
b.      Account Pro
c.       Peachtree
d.      Word Processor
e.      Spreadsheet


13.      Siapa sajakah yang dikelompokan sebagai SDM sistem informasi?
a.      Manajer sistem informasi
b.      Analisis sistem
c.       Administrator jaringan
d.      Administrator database
e.      Programer
f.        Operator
g.      Pustakawan



14.      Apa yang dimaksud dengan prosedur?
Rangkaian aktivitas/kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan cara yang sama. Prosedur merupakan pedoman bagi suatu organisasi dalam menentukan aktivitas apa saja yang harus dilakukan dalam menjalankan suatu fungsi tertentu.


15.      Apakah prosedur secara konseptual sama dengan prosedur yang berjalan? Jelaskan!
Prosedur secara konseptual pun dapat tidak sama degan prosedur yang berjalan alasannya karena prosedur yang berjalan bersumber dari prosedur konseptual, jadi apapun yang dlakukan sesuai dengan yang dikonsepkan terlebih dahulu.


16.      Apa yang dimaksud dengan database dan jelasakan pengertian database secar luas dan sempit?
Database merupakan kumpulan data-data yang tersimpan didalam media penyimpanan disuatu perusahaan (arti luas) atau didalam komputer (arti sempit).


17.      Sebutkan komponen sistem telekomunikasi?
a.      Komputer (host) untuk mengolah informasi.
b.      Terminal  yang memantau peralatan input/output untuk mengirim atau menerima data
c.       Saluaran komunikasi (telepon,kabel,udara)
d.      Pengolah komunikasi (communication processor : modem,multiplexer,dan front end  processor)
e.      Software komunikasi yang mengontrol aktivitas input,output dan mengelola fungsi lainnya dalam jaringan komunikasi.


18.      Sebutkan jenis-jenis keputusan menurut simon?
a.       Keputusan yang terstruktur/terprogram berasal dari permasalahan dan kejadian-kejadian yang tersruktur. Permasalahan atau keputusan bisa di strukturisasi karena sifatnya rutin sehingga bisa ditentukan sebelumnya.
b.      Keputusan yang tidak terstruktur/terprogram berasal dari permasalahan atau kejadian yang tidak terstuktur.sifatnya tidak bisa diprediksi karena tidak jelas rutinitasnya, sehingga seolah-olah baru atau mungkin memang benar baru atau bisa juga karena begitu pentingnya sehingga memerlukan perlakuan yang sangat khusus berbeda dari umumnya.


19.      Jelaskan ciri-ciri kemampuan SPK?
Ciri dari SPK yang dikemukakan oleh Turbun sebagai berikut:
a.       SPK memberi dukungan informasi kepada pengabil keputusan.
b.      SPK selalu menyesuaikan diri terhadap keadaan.
c.       SPK menarik minat
d.      SPK relatif harus mudah untuk dibuat
e.       SPK tingkat lanjut menampung komponen knowledge, dsb





20.      Apakah yang dimaksud dengan kecerdasan buatan (AI)?
Aktivitas penyedia mesin seperti komputer yang memiliki kemampuan menampilkan perilaku yang dianggap cerdas seperti yang terjadi pada manusia. AI merupakan aplikasi komputer yang mencoba agr komputer memiliki penalaran menyerupai beberapa jenis penalaran manusia atau program komputer yang beroperasi menyerupai pengetahuan seorang pakar dlam bentuk heuristic.



21.    Konsep sistem pakar sudah lama muncul, mengapa perkembangannya belum begitu pesat dlm dunia bisnis?
Karena sistem pakar sangat jarang dimanfaatkan untuk membantu dalam memecahkan suatu masalah, terutama dalam dunia bisnis. Salah satu indikasi yaitu kurangnya sosialisasi kepada halayak umum serta tingkat kekhawatiran dan ketakutan yang terlalu berlebih dari para pakar karena takut tersaingi kepakarannya jikalu ada sebuah komputer yang telah memiliki tingkat kepakaran yang serupa.   



22.    Apa yang  dimaksud dengan kantor? Apa fungsinya?
Kantor adalah tempat yng merupakan pusat pelayanan dan pusat informasi dari kegiatan perusahaan dan organisasi. Fungsinya sebagai tempat mengelola informasi perusahaan/organisasi, tempat memberikan pelayanan yang berhubungan dengan perusahaan/organisasi.



23.    Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan internet,intranet,dan ekstranet?
a.    Internet adalah jaringan komputer raksasa yang mengintegrasikan ribuan jaringan komputer dari 200 negara diseluruh dunia dengan 4000000 host/induk komputer.internet bukan hanya jaringan antar komputer tetapi juga merupakan jaringan komputer diseluruh dunia
b.    Intranet adalah sebuah jaringan yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalamnya terdapat basis arsitektur berup aplikasi web dan teknologi komikasi data.
c.    Ekstranet adalah jika sebuah badna usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas diluar. Integrasi dari beberapa jaringan internet.


24.    Apa yang dimaksud dengan internet?
Internet adalah jaringan komputer raksasa yang mengintegrasikan ribuan jaringan komputer dari 200 negara diseluruh dunia dengan 4000000 host/induk komputer.internet bukan hanya jaringan antar komputer tetapi juga merupakan jaringan komputer diseluruh dunia.



25.    Apakah manfaat internet bagi anda?
Meningkatkan kemempuan berkomunikasi, sumber pengetahuan, hiburan.



26.    Apa yang dimaksud dengan enterprise?
Enterprise adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan secara umum sama, mereka memiliki sumber daya utuk mencapai tujuan. Enterprise berperan sebagai satu entitas.


27.    Coba jelaskan apakah dengan adanya software ERP dipastikan sistem informasi perusahaan akan baik?
Ya, karena banyak pakar mengidentifikasi EPS seperti diantaranya Turba (1999) menyatakan bahwa software ERP merupakan sebuah software yang memberikan solusi untuk mengintergrasikan dan mengendalikan seluruh proses bisnis yang ada dalam satu organisasi. Software ini menjanjikan keuntungan mulai dari meningkatkan efisiensi sampai dengan kualitas,produktivitas, dan profifabilitas.


28.    Siapakah dan apa tugas analis sistem?
Analisis sustem informasi manajemen adalah seorang profesional yang betanggung jawab untuk mempelajari masalah-masalah dan kebutuhan-kebutuhan dalam aktivitas bisnis dengan mendayagunakan manusia, metodologi, dan teknologi komputer agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan aktivitas bisnis.
Analis sistem adalah orang yang bertanggung jawab untuk mempelajari informasi yang berhubungan denga masalah-masalah yang timbul dan mampu memberikan jalan keluar sesuai dengan masalah yang dihadapi.
Analisis sistem bertugas untuk menganalisis sistem informasi yang telah ada,mengembangkannya dan menyusun sistem baru pada sub sistem yang bermasalah dengan bantuan komputer.



29.    Sebutkan pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki seorang analis sistem?
Analis sistem harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan pihak-pihak lain seperti pemakai komputer manajemen, teknisi bagian adminisrasi, programmer, penyedia hardware dan software dan database administrator.



30.    Apa beda siklus,metodelogi, dan teknik?
a.      Siklus adalah tahapan-tahapan dan tugas-tugas yang harus dilakukan dalam mengembangakan sistem informasi.
b.      Metodelogi adalah rincian secara menyeluruh dan siklus pengembangan sistem informasi.
c.       Teknik adalah pendekatan bagaimana menggunakan alat dan peraturan yang melengkapi satu atau lebih tahapan-tahapan dalam siklus pengembangan sistem informasi.


31.      Sebutkan tahap-tahap dalam metode SDLC?
a.      Melakukan survei dan menilai kelayakan projek pengembangan sistem informasi.
b.      Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan.
c.       Menentukan permintaan pemakai sistem informasi.
d.      Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik.
e.      Menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer.
f.        Merancang sistem informasi baru.
g.      Membangun sistem informasi baru.
h.      Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru.
i.        Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru bila diperlukan.


32.      Mengapa sistm informasi manajemen menjadi tidak aman?
Karena adanya hecker dan virus.


33.      Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan pengendalian umum?
Pengendalian umum merupakan pengendalian yang menyeluruh yang bertujuan untuk     memberikan keyakinan bahwa prosedur yang diprogram telah berjalan secara efektif pada seluruh aktivitas bisnis. Pengendalian ini meliputi :
a.      Pengendalian atas seluruh proses implementasi sistem.
b.      Pengendalian atas software yang digunakan.
c.       Pengendalian atas fisik hardware.
d.      Pengendalian atas pengoperasian komputer.
e.      Pengendalian atas keamanan data dan jaringan.
f.        Pengendalian atas aktivitas administrasi.




2. Mengapa perhatian terhadap informasi terus meningkat?
                Jawab : Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu :
§  Semakin meningkatnya aktivitas bisnis, maka akan menyebabkan semakin kompleknya permasalahan dan komunikasi yang dihadapi oleh suatu organisasi perusahaan sebagai pelaku bisnis.
§  Semakin tingginya kemampuan komputer yang melahirkan berbagai kemungkinan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi suatu organisasi.
Kasus
2. Jelaskan bagaimana hubungan antara sistem informasi manajemen dan sistem informasi akuntansi!
                Jawab : Sistem informasi akuntansi adalah bagian dari sistem informasi manajemen yang mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan. Fokus sistem informasi akuntansi adalah pada manajemen tingkat bawah atau operasional.


2. Coba jelaskan ciri-ciri dan model-model dari sistem!
                Jawab : Ciri-ciri sistem :
1)      Memiliki tujuan sistem, yaitu target atau sasaran akhir yang ingin  dicapai oleh suatu sistem.
2)      Memiliki batas sistem, yaitu garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya.
3)      Terdiri dari subsistem, yaitu komponen atau bagian dari suatu sistem, berupa phisik ataupun abstrak.
4)      Hubungan sistem vertikal dan horizontal
5)      Input, merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam suatu sistem. Output, adalah hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem.
6)      Lingkungan internal dan eksternal, berpengaruh sangat kuat terhadap sistem, tetapi sebaliknya suatu sistem sedikit sekali berkemampuan untuk merubah lingkungan.
Model-model sistem :
§  Model phisik, penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi.
§  Model naratif, penggambaran entitas dalam bentuk lisan atau tulisan. Pendengar atau pembaca dapat memahami entitas dari narasi atau cerita.
§  Model grafik, penggambaran suatu entitas dalam bentuk simbol, garis, atau bentuk lainnya.
§  Model matematika, penggambaran suatu entitas dalam bentuk persamaan atau formula matematik.
Kasus
2. Apabila ada 7 buah subsistem yang masing-masing berjalan atau berfungsi dengan baik. Ketujuh subsistem tersebut merupakan komponen dari sistem X. Apakah karena ketujuh buah subsistem berfungsi dengan baik, maka sistem X pun akan berfungsi dengan baik? Coba Anda jelaskan!
                Jawab : Pernyataan ini belum tentu benar, karena walaupun ketujuh subsistem berjalan dengan baik, tapi tanpa disertai hubungan sistem yang baik dan pengaruh lingkungan sistem yang buruk, tentu tidak akan menghasilkan sistem yang berfungsi dengan baik.


2. Mengapa data dan informasi sering dipertukarkan?
                Jawab : Karena data dan informasi memiliki hubungan dalam pengembangan sistem informasi, tetapi pada saat tertentu data dan informasi berbeda. Pada saat yang lain, sesuatu yang telah menjadi informasi mungkin menjadi data pengolahan selanjutnya. Pada saat yang lain pula, data harus diolah guna menghasilkan informasi.
Kasus
2. Apakah persepsi seseorang terhadap informasi yang diterimanya bersifat independent? Jelaskan!
                Jawab : Ya, pernyataan ini ada kemungkinan benar, karena informasi diterima oleh masing-masing orang yang berbeda, walaupun informasi yang ada sama. Seseorang mengolah informasi tersebut sesuai dengan persepsinya.


2. Jelaskan apa itu sistem informasi manajemen!
                Jawab : SIM merupakan kumpulan dari sub-sub sistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.

Kasus
2. Apakah diagram arus data (DAD) yang dicontohkan dalam bab ini bisa diterapkan, mengapa?
                Jawab : Bisa, karena dengan berubahnya pola pikir manusia yang mampu menciptakan penemuan-penemuan baru di dunia teknologi. Hal ini menyebabkan akses ke segala bidang mudah, tapi untuk benar-benar menerapkan DAD seperti contoh itu agak sulit karena mungkin hanya perusahaan-perusahaan yang sudah besar saja yang bisa menerapkan akses itu karena perusahaan besar mampu menutupi biaya untuk akses DAD tersebut.



Soal
2. Coba jelaskan apa itu sistem pengolahan transaksi!
                Jawab : Sistem pengolahan transaksi adalah komponen paling terstruktur di dalam SIM yang bertugas memproses data yang berasal dari operasi internal perusahaan menjadi informasi yang berguna bagi manajemen di tingkat operasional.
Kasus
2. Coba jelaskan bagaimana hubungan SIA dengan SIM!
                Jawab : SIA merupakan bagian terbesar dari SIM karena SIA ini ada di berbagai bidang-bidang operasional manajemen yang terdiri dari sub-sub sistem yaitu sub sistem akuntansi dan sub sistem keuangan. Data transaksi perusahaan dikumpul dan diolah menjadi informasi bagi top manajemen.


Soal
2. Coba jelaskan apa saja yang termasuk peralatan komunikasi!
                Jawab :  Peralatan komunikasi :
  • Network Card untuk LAN dan wireless LAN : kartu yang dipasang pada mainboard sebagai penghubung computer dalam suatu jaringan.
  • HUB/Swithcing dan accsess point wireless LAN : melakukan proses antara 2 pelanggan telepon, sehingga keduanya dapat terhubung satu sama lain.
  • Fiber optik, router, dan range extender.
  • Modem : alat komunikasi 2 arah yang menghasilkan sinyal digital sehingga dapat masuk ke dalam satu jaringan.
  • Pemancar
  • Satelit : Benda yang mengelilingi planet yang memiliki orbit peredaran sendiri.
Kasus
2. Gambarkan kinerja komputer yang memiliki spesifikasi RAM 4 MB, Prosesor Pentium VI 3.21, harddisk 1 GB!














Soal
2. Sebutkan software-software yang termasuk spreadsheet?
                Jawab : Microsoft Excel, merupakan software terbaik saat ini, apabila kita ingin membuat tabel-tabel perhitungan. Dengan Excel, tabel-tabel angka bisa dirubah menjadi grafik.
  Kasus
2. Apakah software SIM dapat dibangun tanpa pemahaman tentang konsep sistem, informasi, manajemen, dan operasi perusahaan?
                Jawab : Tidak, karena sistem merupakan kumpulan dari subsistem apapun baik fisik, maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan informasi merupakan salah satu jenis sumber daya paling penting (utama), jika tidak ada informasi berarti tidak ada organisasi. Intinya, tanpa keempat konsep di atas, suatu software SIM tidak dapat dibangun dan dijalankan, dikarenakan tidak ada adanya komponen yang saling berhubungan, yang dapat digunakan untuk membangun sebuah tujuan.


Soal
2.       Siapa sajakah yang dikelompokan sebagai pemilik sistem informasi manajemen?
Jawab:  pemiliknya bisa satu orang atau lebih yang kesemuanya berasal dari manajemen organisasi itu sendiri. Untuk sistem informasi multi user yang medium sampai besar pemilik sistembisa manajer tingkat menengah atau tingkat atas, sedangkan untuk sistem informasi multi user yang lebih kecil pemilik sistem bisa manajer tingkat menengah atau supervisor. Sistem informasi lainnya yang sangat kecil adalah sistem informasi individu, sistem informasi ini dimiliki oleh individu atau perorangan. Pemekaian dan pemilik sistem informasi individu adalah orang yang sama.
Kasus
2.       Apa yang menjadi persoalan apabila SDM suatu organisasi perusahaan membangun sendiri sistem informasi manajemen?
Jawab: Sebenarnya itu merupakan suatu hal yang bagus (expert), tetapi kepaduan Sim nya tidak akan sama dengan perusahaan lain.

Soal
2.       Apa yang dimaksud dengan akivitas?
Jawab:
·         Whitten mengatakan aktivitas merupakan fungsi dari sistem informasi.
·         Winograd and flores menyatakan bahwa melakukan aktivitas aktivitas pada dasarnya melakukan suatu kegiatan berdasarkan informasi yang masuk dan persepsi yang dimiliki tentang informasi tersebut.
Kasus
2.       Kalau ada perbedaan antara prosedur konseptual dengan sebenarnya, kira-kira apa penyebabnya?
Jawab:


Soal
2. Coba jelaskan dan beri contoh tentang hirarki data?
Jawab: Dalam konsep Database, data memiliki tingkatan yang dikenal sebagai hirarki data yang terdiri dari Bit, Byte, Filed, Record, File Database.
a. Bit adalah unit terkecil dari data. Bit ini menggambarkan sinyal 0 dan satu, dimana 0 berarti tidak ada arus listrik dan satu ada arus listrik.
b. Byte adalah kumpulan dari bit-bit yang membentuk sebuah karakter.
c. Field/Elemen data (data element) adalah kumpulan karakter-karakter yang membentuk suatu kata atau sekelompok kata/angka.
d. Record merupakan kumpulan dari field-field yang secara logika berhubungan.
e. File adalah kumpulan dari record-record yang berhubungan dengan suatu subyek tertentu.
f. Database adalah kumpulan dari data-data yang tersimpan dalam file-file.

 
Tugas
2. coba gambarkan dengan model network data-data yang berhubungan dengan perusahaan dagang obat-obatan seperti apotik/grosir obat.


2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis sinyal?
Jawab: sinyal analog, sinyal digital, & modem.
a. Sinyal Analog adalah Sinyal yang berbentuk gelombang.
b. Sinyal Gelombang adalah Sinyal yang memiliki bentuk berlawanan.
c. Modem adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya.

Tugas
2. coba jelaskan bagaimana sebaiknya spesifikasi jaringan berbasis wind

Soal
Jawab : Otomatisasi kantor merupakan aplikasi teknologi informasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas karyawan di kantor dengan member dukungan dalam bentuk koordinasi dan komunikasi dari seseorang ke orang lain baik dalam maupun luar perusahaan.

Jawab   : Sistem informasi suatu organisasi jika menggunakan intranet akan mendukung aktivitas yang terjadi di kantor atau suatu organisasi yang berupa kepentingan integrasi dan komunikasi yag terjadi di dalam kantor. Hanya dalam intranet, cakupannya sempit hanya dalam perusahaan saja.

2. Apa yang menjadi masalah dalam sistem informasi tradisional?
                Jawab : Yang menjadi masalah adalah teknologi informasi telah mengubah semua aspek kehidupan, begitu pula telah mengubah gaya hidup umat manusia. Sehingga sistem informasi tradisional membuat umat manusia tidak dapat berinovasi mengejar ketertinggalan mereka dalam persaingan yang sangat ketat dalam mengelola masa depan.
Kasus
2. Apakah ada hubungan antara sistem ERP dengan sistem informasi manajemen?
Jawab : Hubungan ERP dan sistem informasi manajemen adalah ERP merupakan teknik dan konsep bagaimana mengintegrasikan manajemen perusahaan secara keseluruhan dengan penggunaan yang efektif sumber daya untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.

2. Apa perbedaan tanggungjawab analis sistem dengan programer?
                Jawab : Tanggungjawab analis sistem :
1)      Melakukan evaluasi proyek
2)      Menganalisis sistem yang ada untuk mengetahui masalah yang ada dan kemungkinan pemecahannya
3)      Mendefinisikan pengembangan atau perubahan sistem bila diperlukan
4)      Mengevaluasi alternatif pemecahan masalah
5)      Memilih perangkat keras dan perangkat lunaknya (dengan persetujuan atasan)
6)      Mendesain, alur dan prosedur sistem baru
7)      Melakukan supervise untuk penerapan sistem baru
Tanggungjawab programer:
1)      Mengerjakan spesifikasi perancangan, agar sistem informasi yang dirancang dapat diterapkan.
2)      Bertanggungjawab terhadap program komputer, meliputi pengoperasian program dan kelengkapannya dan bahasa pemrograman yang digunakan.

Terima Kasih..





Geen opmerkings nie: